STKIP-MB


LP3M STKIP-MB Upayakan Kualitas Penelitian dan Pengabdian Dosen

Posted By : Administrator     |     Last Update by :05 Okt 2018     |     dibaca : 18

MUARA BUNGO - Kewajiban seorang dosen tidak cukup dengan melaksanakan pengajaran saja. Dosen perguruan tinggi memiliki tiga tugas pokok yang dikenal dengan tri dharma perguruan tinggi. Tri Dharma meliputi pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Khusus untuk tugas pokok dosen bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat , dikelola oleh Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP3M) STKIP-MB. Selain mengelola tugas pokok dosen, LP3M STKIP-MB juga mewadahi dan mengelola kegiatan PPL dan KKN mahasiswa.
Visi LP3M STKIP-MB adalah menjadikan STKIP-MB sebagai sekolah tinggi yang unggul, kreatif, terpercaya, dan mandiri dibidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan terus mengedepankan pengembangan mutu penelitian,
untuk menghasilkan karya-karya unggul di bidang pendidikan dalam upaya menghasilkan tenaga pendidik yang profesional, kompeten, berakhlak mulia dan memiliki kemampuan dalam pemberdayaan masyarakat.
Dalam mewujudkan visi tersebut, beberapa upaya yang dilakukan oleh LP3M STKIP-MB adalah mewujudkan profesionalisme dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, mewujudkan kemampuan dan kualitas dosen dalam kegiatan penelitian secara merata dan menyeluruh sehingga menghasilkan produk penelitian yang berkualitas, dan menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk membantu memecahkan permasalahan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.
Dalam kurun waktu tiga bulan setelah dibentuk, LP3M STKIP-MB telah menerbitkan jurnal bertaraf nasional yaitu “Jurnal Muara Pendidikan STKIP-MB” yang mewadahi sekaligus mempublikasi hasil penelitian dosen STKIP-MB. Jurnal Muara Pendidikan STKIP-MB juga memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada pihak luar yang ingin mempublikasikan hasil penelitiannya. Jurnal Muara Pendidikan STKIP MB diterbitkan dua kali setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Bentuk keberhasilan dosen STKIP-MB dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, telah dibuktikan dengan lulusnya bahan pengajuan jabatan fungsional dosen yaitu Asisten Ahli. Keberhasilan 10 dosen STKIP-MB yang lulus jabatan
Asisten Ahli dinilai sangat baik dalam perkembangan STKIP-MB, mengingat kampus ini didominasi oleh dosen-dosen muda dan baru melaksanakan perkuliahan selama tiga semester.
Kedepannnya LP3M STKIP-MB mengharapkan, kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terus dapat ditingkatkan, civitas akademika STKIP-MB dapat memberikan sumbangsih dalam pemberdayaan masyarakat khususnya dibidang pendidikan, dan memperluas kerja sama dengan instansi lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Jambi khususnya di Kabupaten Bungo dan sekitarnya.(*)

Agenda

Subscribe To Our Mailing List

👍 Dapatkan Informasi !

Secara Update dari Website !

🎬Videos

Peresmian Gedung Baru STKIP Muhammadiyah Bungo