Guru Olahraga, STKIP Muhammadiyah Tempatnya
Posted By: Harkam Tujantri Last Update by:20 Februari 2018 dibaca : 172

MUARA BUNGO - Pendidikan di Kabupaten Bungo saat ini dan sekitarnya meliputi daerah Kabupaten Tebo, Merangin, Damasraya sesuai dengan data yang didapat, kuota tenaga pengajar guru penjas sangat masih kurang.
Hal ini dapat dilihat dengan masih banyaknya tenaga pendidik tamatan SLTA mengisi formasi guru Penjas. Realita ini mempertegas bahwa tenaga pendidik dibidang olahraga yang sudah menuntut tamatan S1 masih sangat dibutuhkan.
Untuk mencetak lulusan tenaga Pendidik bidang olahraga (Penjaskesrek), Provinsi Jambi hanya memiliki 2 Perguruan Tinggi yaitu STKIP Muhammadiyah Muara Bungo dan UNJA.
Dalam proses pencapaian, untuk meluluskan tenaga pendidik bidang olahraga, kampus STKIP Muhammadiyah Muara Bungo tidak kalah menjanjikan. Hal ini dapat dilihat dengan latar belakang pendidikan dosen-dosen yang berasal dari lulusan kampus terkemuka yang ada di Indonesia. Serta latar belakang prestasi dosen di bidang non akademik pun cukup membanggakan.
Sarana dan prasana yang dimiliki untuk perkulihan cukup lengkap, seperti ruang perkuliahan milik sendiri, 1 Labor IPA & Anatomi, Perpustakaan, 1 ruangan bela diri, 1 lapangan Basket & Futsal, 1 Lapangan serba guna (Bola Voli, Takraw & Bulutangkis), 1 lapangan voli pantai dan masih banyak lagi prasarana penunjang lainnya. Itu semua milik sendiri.
Semenjak September 2015, Prodi penjaskesrek STKIP Muhammadiyah Muara Bungo memulai pekuliahan pertamanya. Prodi ini tidak hanya fokus dengan bidang akedemik saja, non akademik pun juga (seperti pembinaan olahraga prestasi).
Hingga saat ini Prodi ini sudah memiliki sekitar 109 mahasiswa aktif. Di antara 109 orang tersebut, beberapa diantaranya sudah memiliki prestasi dibidang olahraga baik provinsi hingga nasional.
Saidina meraih medali perunggu POMNAS XIV Aceh tahun 2015 di cabang Olahraga Tarung derajat. Riski Rahmat di Cabang Olahraga Taekwondo, M. Ikhsan dan Amar Sidiq di cabang Gulat. Dicabang Takraw ada Andri Irwanto, Dwi Heriyanto dan Irwan dan masih banyak lagi cabang-cabang olahraga prestasi yang dimiliki oleh Prodi Penjaskesrek STKIP Muhammadiyah Muara Bungo.
Pihak Kampus memfasilitasi dan sangat mendukung prestasi tersebut, dengan bentuk menyediakan UKM olahraga sebagai sarana untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa di cabang olahraga. UKM olahraga prestasi tersebut langsung di bina oleh Dosen-dosen yg memiliki kualifikasi keahlian di cabang olahraga tersebut.
Hingga tahun 2020 Prodi penjaskesrek memiliki target sasaran yang mana tertuang dalam visi, misi dan tujuan. Beberapa diantaranya yaitu untuk mewujudkan pembelajaran berbasis teknologi dengan menerapkan E-Learning System. Dihasilkannya website resmi Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi yang berisi profil dan kegiatan Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Muhammadiyah Muara Bungo yang up-to-date.
Dengan terwujudnya (e-learning) dan website tersebut, mahasiswa dapat menerima informasi ter up-date selingkungan prodi dan kampus hanya dengan sekali klik saja pada ponsel atau PC-nya.(ndz)

Top
  • Pengunjung hari ini / Total : 33 / 33602
  • Hits hari ini / Total Hits : 77 / 96558
  • Pengunjung Online : 1