STKIP-MB

STKIP-MB
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Muara Bungo

Ragam Informasi 24 Apr 2021
By Admin STKIP-MB

Dinas Pendidikan Bungo dan PMD Dukung Prodi PTI STKIP Muhammadiyah MB

Dinas Pendidikan Bungo dan PMD Dukung Prodi PTI STKIP Muhammadiyah MB

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bungo, melalui dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud). Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan dusun (DPMD) kabupaten Bungo sangat mendukung komitmen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Muara Bungo (STKIP MB) dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan Program Studi Pendidikan Teknologi Informatika (PTI) khususnya bagi mereka yang bertugas sebagai Operator Komputer SD, SLTP, SLTA dan operator pemerintahan dusun/desa (Pemdus), Dimana kedua stakeholder ini memiliki operator yang cukup banyak dalam melaksanakan roda pemerintahan.

Sebagaimana tuntutan zaman dan teknologi saat ini, semua kegiatan administrasi berbasis online, bagaimana mengolah database, mengoperasikan jaringan, dapodik (Sekolah) mengolah grafik dan sebagainya tantangan inilah yang harus dijawab oleh para operator komputer dengan meningkatkan kompetensi IT mereka.

Kepala Dikbud kabupaten Bungo, Masril., S.Sos., ME, melalui Nasrun, kepala bidang pendidikan dasar dan menengah, mengatakan operator komputer menjadi sentral dalam pelaksanaan administrasi, sebab katanya semua data saat ini sudah berbasis IT dan dilaksanakan secara online.

Karena itu, lanjut Nasrun, pihaknya mendukung para operator komputer untuk terus meningkatkan kompetensi IT mereka, khusus bagi mereka yang belum menyandang sarjana, bisa melanjutkan pendidikan dengan kuliah di STKIP MB.

“Allhamdulillah, operator kita cukup banyak, dari tingkat SD/SLTP dan SLTA, kita sangat mendukung mereka agar meningkatkan kompetensi, sehingga bisa mempermudah pelaksanaan administrasi yang saat ini menjadi tuntutan kita,”kata Nasrun, kepada media ini.

Hal senada juga dikatakan Taufik Hidayat, Pelaksana tugas (Plt) kepala dinas PMD kabupaten Bungo. Jika masalah operator komputer itu katanya adalah hal yang sangat urgen, sebab pengelolaan keuangan berbasis IT sudah semestinya dilaksanakan oleh mereka (operator) yang berkompeten IT nya.

“Masalah kemampuan pengelolaan administrasi keuangan, itu adalah hal yang sangat sentral, penting karena selain sudah menjadi tuntutan zamannya, pelaksanaan administrasi berbasis online harus dikuasai operator,”katanya.

“Bagi mereka (operator) yang mungkin belum mahir atau masih harus ditingkatkan kemampuannya, kita dukung mereka bagaimana bisa kuliah atau kursus, sehingga bisa lebih mantap,”ujarnya

Dari pihak kampus, Syafrial Anas mengatakan, prodi PTI ini membuka peluang operator untuk tidak hanya menguasai sebatas program dapodik, atau hanya mengerti Office Excel, itu tidak cukup bagi mereka, kampus STKIP mengajak mereka untuk berkuliah meningkatkan IT.

“Masalah waktu kita punya jadwal perkuliahan malam, khusus prodi PTI ini kita sudah menampung dua ruang kuliah, kita berkeyakinan operator SD/SLTP/SLTA/ hanya menguasai dapodik, sementara banyak tuntutan mereka bagaimana menguasai grafis, mengelola database, menguasai jaringan. Kita punya Prodi PTI, STKIP MB komitmen meningkatkan kompetensi SDM Operator Komputer,

Sumber: https://bungoindependent.com/

KALENDER AKADEMIK

AGENDA

Libur Semester Genap 2019/2020

AGENDA

KHS

AGENDA

Proses Nilai & Remedial

AGENDA

Ujian Akhir Semester (UAS) Genap