STKIP-MB

STKIP-MB
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Muara Bungo

Ragam Informasi 25 Sep 2019
By Harkam Tujantri

STKIP Muhammadiyah Bakal Jadi Universitas

STKIP Muhammadiyah Bakal Jadi Universitas

Muarabungo - STKIP Muhammadiyah Muarabungo ditargetkan naik status menjadi Universitas. Pihak STKP sedang mengusulkan penambahan program study dan semua persyaratan untuk itu. Hal itu diakui Petinggi STKIP Muhammadiyah Muarabungo, Syafrial Anas Senin (18/2).

"Kita sedang mengusulkan STKIP menjadi Universitas," kata Syafrial Anas.

Salah satu persyaratan jumlah program study sedang diupayakan. Sesuai rencana tahun ajaran baru nanti STKIP Muhammadiyah menambah empat program study lagi, selain yang sudah ada saat ini tiga program study keguruan. Yaitu pendidikan fokasional teknik otomotif, pendidikan fokasional teknik elektronika, pendidikan teknologi dan informasi serta Pendidikan Fokasional seni kuliner (tata boga). Empat program ini juga keguruan.

"Jadi semuanya tujuh program study, tiga yang lama PGSD, pendidikan Penjaskes dan Pendidikan Bahasa Inggris. Plus yang empat terakhir, semuanya mencetak tenaga pendidik," ulas Syafrial Anas.

Sesuai target katanya semua program study ini sudah disetujui dalam waktu dua bulan kedepan. Dan kalau semua program study itu disetujui, maka syarat Universitas sudah cukup. Sebab kata Syafrial Anas sesuai Permenristek Dikti Nomor 51 tahun 2018, syarat minimal Universitas memiliki lima program study. "Kalau sesuai rencana tahun ajaran baru kita sudah bisa terima mahasiswa. Kalau tenaga pengajar cukup, gedung juga cukup. Sekarang proses persetujuan yang masih sedang diurus," ulas Syafrial Anas.

Pihaknya sambung Syafrial Anas memang sengaja membuka program study yang sama dengan program study Sekolah Menengah Kejuruan(SMK). Seperti teknik elektronika, otomotif, teknologi dan informasi serta seni kuliner.  Selama ini jurusan-jurusan tersebut banyak diminati di SMK tapi tidak ada tempat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi di Bungo. STKIP menjawab itu semua, mereka tidak perlu keluar daerah, sebab jurusan-jurusan di SMK juga linier di Kampus Muhammadiyah.

"Sehingga output kita nantik bisa menjadi guru sesuai bidangnya. Juga punya keterampilan individual untuk buka usaha. Tak perlu lagi ke Jambi, ke Padang atau ke luar daerah lain," pungkas Syafrial Anas. (slt/bi)

KALENDER AKADEMIK

AGENDA

Libur Semester Genap 2019/2020

AGENDA

KHS

AGENDA

Proses Nilai & Remedial

AGENDA

Ujian Akhir Semester (UAS) Genap