Sejarah

Fuck In Your Security Website

Sorry, Your Website Has Been Hacked

You Got Hacked

Munculnya ide untuk mendirikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM)  STKIP-MB antara lain bahwa di Kabupaten Bungo dan Kabupaten tetangga belum ada STKIP/FKIP dan jika ada di Bangko Prodi yang dimiliki berbeda dengan yang akan didirikan oleh STKIP-MB. Selain itu, PTM di Provinsi Jambi baru ada dua yaitu STIE Jambi dan STKIP Sungai Penuh, jadi PTM di Provinsi Jambi relatif sedikit sehingga Muhammadiyah Jambi di mata Muhammadiyah Pusat termasuk yang tertinggal. Hal lain yang mendukung pendirian STKIP-MB adalah bahwa tenaga pendidik (guru) dibutuhkan dari tahun ke tahun guna mengisi kekurangan guru. Selain hal di atas, dimana Muhammadiyah Kabupaten Bungo memiliki modal dasar untuk pendirian PTM karena telah memiliki SD, SMP dan SMA dan didukung lokasi cukup strategis.  Jadi selama ini peluang-peluang tersebut tidak dibaca oleh Pengurus PDM  pada waktu itu. Para Pengurus PDM Kabupaten Bungo beberapa periode yang lalu (tahun 1997)  pernah tercetus untuk mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) akan tetapi tidak terwujud dikarenakan belum adanya personil yang serius untuk mengurusnya. Kemudian masa akhir Kepengurusan PDM Kabupaten Bungo periode 2005-2010 mulai terpikir kembali ide untuk mendirikan PTM yang diprakarsai oleh Sdr. Syafrial Anas, SE, cs yang sengaja menghadap Ketua PDM pada waktu itu. Dan Pengurus PDM menyambut baik dengan mengelurkan SK Nomor: 01/III.O-F/2010 tanggal 01 Februari 2019 tentang Tim Persiapan Pendirian STKIP-MB dengan personil sebanyak 7 orang, yaitu: (1) Ketua: Syafrial Anas, (2) Wakil Ketua: H. Tarma Sartima, (3) Sekretaris: Hardius, (4) Wakil Sekretaris: Anton Syaifuddin, (5) Bendahara: Muspal, (6) Anggota: Nurlah Jamil, dan (7) Anggota: Agustian.

Dengan  berbekal SK tersebut, Sdr. Syafrial Anas dibantu Bpk. H. Tarma Sartima, Bpk. Agustian dan Sdr. Jemilianto, A.Md mulai menyusun proposal dan meminta Rekomendasi dari Pemda Kabupaten Bungo, Kopertis Wilayah X dan PP Muhammadiyah Yogyakarta dan Jakarta. Setelah lengkap, proposal tersebut ditandatangani oleh Ketua BPH PTM Jambi dengan surat Nomor 25/BPH/PTM/2010 tanggal 25 Oktober 2010 perihal Permohonan Pembukaan STKIP-MMB untuk diajukan ke Dirjen Dikti Jakarta.

Proses penelitian dan penilaian kelayakan proposal oleh Dirjen Dikti Jakarta memakan waktu relatif lama, dimana baru pada tanggal 14 Februari 2012 dipanggil untuk mem-presentasi-kan di Dirjen Dikti Jakarta dengan Tim Presenter terdiri dari Bpk. Nurlah Jamil, Bpk. Syafrial Anas, Bpk. Supriyono, dan Bpk. Hardius. Setelah itu, masih menunggu proses selanjutnya dengan beberapa kali perbaikan dan pemenuhan persyaratan. Dan akhirnya pada tanggal 16 Oktober 2014 baru disetujui dengan diterbitkan SK Mendikbud RI Nomor: 513/E/O/2014 tentang Perizinan Pendirian STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Mengingat tanggal persetujuan Mendikbud tersebut pada akhir tahun 2014, maka belum bisa dilakukan penerimaan Mahasiswa pada waktu itu, dan baru dilaksanakan pada TA. 2015.

Keluarnya Izin tersebut tidak terlepas dari adanya bantuan moril dan maupun materil dari berbagai pihak baik kelembagaan seperti Pemda Kabupaten Bungo, PWM Jambi, PP Muhammadiyah, Aisyiyah Kabupaten Bungo dan pribadi-pribadi antara lain Bpk. Prof Dr. Suyatno, M.Pd, Bpk. Dr. Triolit Zuliansyah, Sp. THT., Bpk. Dr. Suprayitno, SH., MH, Sdr. Jemilianto, A.Md dan Sdr. Susanti, A.Md dan pribadi-pribadi Pengurus PDM Kabupaten Bungo dan pihak-pihak terkait lain yang tidak dapat disebutkan satu per satu yang telah banyak memberikan bantuan dan serta dukungan sehingga terbitnya SK Pendirian STKIP-MMB. Semoga bantuan yang diberikan dibalas sebagai amal kebaikan di sisi Allah SWT. 

Dengan telah diresmikannya STKIP Muhammadiyah Muara Bungo diharapkan kehadirannya dapat berperan positif dalam upaya mencerdaskan bangsa khususnya di Kabupaten Bungo dan Provinsi Jambi umumnya bersama-sama dengan PTS lain yang sudah ada lebih dahulu berdiri di Kabupaten Bungo. Amin.

Top
  • Pengunjung hari ini / Total : 2 / 23765
  • Hits hari ini / Total Hits : 4 / 65071
  • Pengunjung Online : 1