VISI dan MISI SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN MUARA BUNGO

 

VISI STKIP MB

Menjadi Perguruan Tinggi bernuansa Islami, Berkualitas dan Berdaya Saing dalamMengembangkan Ilmu Pendidikan dan Keguruan di Tingkat Provinsi Jambi pada Tahun 2022.

Visi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

Islami, Indikator sebuah perguruan tinggi bernuansa islami, bermakna bahwa  aktifitas perencanaan, pengembangan dan pelaksanaan program yang ingin dicapai sekolah tinggi memiliki dimensi moralitas ke-Islaman dan ke-Muhammadiyahan.

Berkualitas, Indikator sebuah perguruan tinggi yang “berkualitas” dapat dilihat dari 3 (tiga) komponen yang saling berkaitan dan saling berketergantungan yaitu: Input, Proces, dan Output. Suatu proses apapun baik barang atau jasa, input adalah kunci utama agar menghasilkan produk/jasa yang baik/berkualitas. Dalam hal ini, input adalah calon mahasiswa baru yang unggul diharapkan masuk dan mendaftar di STKIP-MB melalui seleksi, tes dan wawancara. Karena melalui seleksi ini akan diketahui keunggulan (akademik, bakat, moral) dari calon mahaiswa. Input yang unggul pra-syarat untuk menghasilkan output yang unggul pula melalui proses yang baik dan tepat.

Daya Saing, Indikatornya adalah adanya efisiensi dan efektivitas yang memiliki sasaran yang tepat dalam menentukan arah dan hasil sasaran yang ingin dicapai dan atau telah ditetapkan yang meliputi tujuan akhir dan proses pencapaian akhir dalam menghadapi persaingan sekolah tinggi dan alumninya ditengah-tengah masyarakat yang sangat kompetitif.

Daya saing yang dimaksud dalam visi ini adalah kekuatan untuk berusaha menjadi lebih dari yang lain atau unggul dalam hal tertentu baik yang dilakukan oleh STKIP-MB maupun oleh dosen, mahasiswa dan alumninya, yang tidak dimiliki oleh institusi/perguruantinggi lainnya. Daya saing disini memiliki makna yang meliputi:  (1) bidang pendidikan, (2) penelitian dan pengembangan serta (3) pengabdian kepada masyarakat.

Selain makna tersebut diatas, daya saing yang dimaksud dalam visi ini juga memiliki makna sebagai berikut :

1.  Kemampuan sekolah tinggi untuk menunjukkan keunggulan dalam hal tertentu, dengan cara memperlihatkan situasi dan kondisi yang paling menguntungkan, hasil kerja yang lebih baik, lebih cepat dan lebih bermakna dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya.

2. Kemampuan dari sekolah tinggi untuk menunjukan keunggulan bersaing dan menawarkan nilai yang lebih atas kinerjanya dalam hal tertentu, dengan cara memperlihatkan situasi dan kondisi yang paling menguntungkan, dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya.

Misi STKIP MB

  1. Meningkatkan  proses   pendidikan  dan  pengajaran   yang  bernuansa  Islami, berkualitas  dan berdaya  saing,  serta  berorientasi  pada pendalaman  basis    ilmu  pendidikan    dan    keguruan   yang   terprogram    dan  terarah  pada    program studi  yang diselenggarakan.
  2. Meningkatkan pelaksanaan  penelitian ilmiah yang memiliki  keunggulan dan daya saing sebagai bagian integral dari pelaksanaan  Catur  Darma Perguruan  Tinggi Muhammadiyah yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah yang terakreditasi baik lokal maupun nasional.
  3. Meningkatkan pelaksanaan berbagai bentuk  dan  pola  pengabdian  kepada masyarakat yang memiliki  keunggulan  dan daya  saing,   sehingga   STKIP-MB mampu  meningkatkan  Sumber  Daya Manusia (SDM)  di tengah  masyarakat baik ditingkat  lokal, regional, nasional dan internasional.
  4. Menginternalisasikan  nilai-nilai  ajaran  Islam  dan  tujuan  Persyarikatan Muhammadiyah pada setiap  pelaksanaan Catur Darma  Perguruan Tinggi Muhammadiyah  dengan pola keteladanan dan habituasi amal soleh  yang harus dilakukan oleh segenap  civitas akademika.
  5. Membangun   jejaring   dan   kerjasama   dalam   pelaksanaan   Catur  Darma Perguruan Tinggi   yang  berorientasi   pada pengembangan Pendidikan Tinggi yang  memiliki keunggulan dan daya saing.

Top
  • Pengunjung hari ini / Total : 2 / 23765
  • Hits hari ini / Total Hits : 27 / 65094
  • Pengunjung Online : 1